Apple Developer Academy Indonesia Memanfaatkan Ide Kreatif Anak Muda Indonesia

0
Apple Developer Academy Indonesia.
Apple Developer Academy Indonesia.

Cocokoo.com, Apple Developer Academy Indonesia merupakan sebuah wadah yang di sediakan oleh pihak Apple, tujuanya adalah memberikan siswa yang mengikutinya kemampuan untuk membuat ide mereka untuk menjadi aplikasi dan dipasarkan meelalui App Store. Di Indonesia, Apple Developer Academy Indonesia berada di Green Office Park 9, kawasan BSD, Tanggerang Selatan.

Apple Developer Academy Indonesia.
Apple Developer Academy Indonesia.

Tentunya Apple Developer Academy Indonesia ini hadir di Indonesia kerena kerja sama antara Universitas Binus dengan pihak Apple. Secara teknis, Apple Developer Academy Indonesia ini mempersiapkan siswanya dengan tiga kemampuan, antara lain kemampuan teknikal, kemampuan bisnis, dan kemampuan desain, yang dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi-aplikasi bagi berbagai perangkat buatan Apple.

Apple Developer Academy akan mengajarkan ilmu-ilmu dasar pemrograman bagi perangkat-perangkat buatan Apple, itu mencakup Swift—bahasa pemrograman buatan Apple—dan Objective-C.

Aktivitas di academy ini, dibuat berdasarkan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak Apple. Untuk menciptakan suasana belajar yang optimal, di ruang kelas Apple Developer Academy dirancang berdasarkan dengan research brain scientist John Medina. Nantinya, para siswa Apple Developer Academy Indonesia akan belajar dalam waktu penuh 40 jam dalam waktu satu minggu selama satu tahun.

Apple sangat fokus pada penelitian dan pengembangan untuk membuat aplikasi dan teknologi yang mampu memecahkan suatu masalah. Ini cara Apple memperbanyak sumber daya manusia asal Indonesia yang mampu menciptakan aplikasi untuk perangkat Apple.

Rudiantara mengatakan SDM bidang IT memang jadi masalah besar dunia. Saat ini, guna mencari SDM berkualitas perusahaan-perusahaan dunia berkiblat pada tiga tempat yang berjuluk 3B, yakni bay area (Silicon Valley di AS), Beijing, dan Bengaluru. Apple Developer Academy yang hadir di Indonesia, menambah “B” lain yaitu BSD.

Selain di BSD, Apple Developer Academy telah dibangun di Italia dan Brazil. Di Italia, Apple bekerjasama dengan Università di Napoli Federico II. Di Brazil, Apple menghadirkan akademinya atas kerja sama dengan The Pontifical Catholic University of Rio Grande do Sul.

Apple Developer Academy Indonesia.
Apple Developer Academy Indonesia.

Selepas di BSD, Apple rencananya akan membangun Apple Developer Academy di dua tempat lain, yang masing-masing akan berada di Jawa dan luar Jawa. Tentu saja hal ini sangat di sambut dengan baik oleh beberapa pihak, karena dapat menggunakan ide-ide muda dan menjadikanya suatu karya yang dapat di hargai dan tentunya menghasilkan pundi-pundi.

Apple Developer Academy ini sudah ada di tiga negara di dunia, di antaranya adalah di Italia, Brazil dan Indonesia. Di Italia sendiri  pihak Apple telah berkerja sama dengan  Universita di Napoli Federico II, di sana Apple Developer Academy melatih 200 mahasiswa di tahap awal.

Sedangkan di Brazil pihak Apple bekerja sama dengan The Pontifical Catholic University of Rio Grande  do Sul, di sana puhak Apple Developer Academy melatih 180 mahasiswa pada tahap awal. Sedangkan di Indonesia sendiri Apple Developer Academy bekerja sama dengan Universitas Binus Serpong, dan melatih 75 mahasiswa pada tahap awal.

Apple Developer Academy Indonesia yang di bangund di Binus Serpong ini menggunakan biaya investasi sebesar US$ 44 juta atau jika di hitung ke dalam rupiah Rp. 618 miliar.

Meskipun pengguna IOS masih kalah jauh dengan pengguna Android, namun dengan adanya Apple Developer Academy Indonesia tentu saja memberikan wadah dan ide untuk anak muda di Indonesia. Pihak Apple percaya bahwa dengan diadakanya Apple Developer Academy Indonesia akan memberikan muda-mudi di Indonesia suatu wadah yang akan memajukan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here